UNICEF Bantu 10.500 Paket Anak Korban Sulteng

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kementerian Sosial bekerja sama dengan United Nations Children's Fund (UNICEF) terkait perlindungan anak yang rentan terhadap masalah kesejahteraan sosial. UNICEF sendiri sudah sejak lama banyak melakukan kegiatan dengan memberikan bantuan-bantuan kepada anak-anak dan keluarga di Indonesia.

"UNICEF melalui Ibu Debora sebagai pimpinan UNICEF di Indonesia, alhamdulillah dan kami berterima kasih telah memberikan sebesar 10.500 paket bantuan untuk anak-anak kita yang terdampak bencana di Sulawesi Tengah," kata Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita usai menerima perwakilan UNICEF di ruang rapat lantai dua Kemensos, Jakarta, Selasa (23/10).

Agus mengatakan bantuan tersebut meliputi peralatan sekolah, pakaian, mainan anak-anak, dan pembalut. Pihaknya juga menyambut baik atas bantuan dari UNICEF, sehingga ke depan Kemensos sangat terbuka untuk kerja sama yang lebih luas antara pemerintah dan UNICEF.

Pemerintah mulai inventarisir penerima PKH jadi korban gempa Palu & Donggala
Kemensos beri santunan lebih dari Rp 15 juta keluarga korban meninggal Palu-Donggala
"Pihak UNICEF yang akan mengantar paket-paket itu langsung di titik-titik Sulawesi Tengah bekerja sama dengan Kemensos melalui relawan dan pendamping, mulai besok (distribusinya)," jelasnya.

Terkait bencana alam yang menimpa daerah Sulteng, sejauh ini Kemensos mencatat ada 101 anak yang kehilangan keluarganya. Sementara yang sudah dikembalikan kepada keluarganya ada tujuh anak.

Kemensos juga belum dapat memastikan apakah 101 anak itu sudah yatim piatu atau belum. Namun Kemensos akan berusaha mengembalikan anak-anak itu ke keluarga terdekat atau sedarah. Jika tidak juga ditemukan, Kemensos akan menyediakan alternatif yaitu dengan permanent care (perawatan permanen) bagi anak-anak tersebut di Balai Perlindungan Anak.(ati)

 

BERITA REKOMENDASI