Upacara HUT RI, Presiden Jokowi Pakai Baju Adat Timor Tengah Selatan

JAKARTA, KRJOGJA.com – Presiden Jokowi mengenakan baju adat Timor Tengah Selatan dari Nusa Tenggara Timur (NTT) saat Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi di halaman Istana Merdeka Jakarta, Senin (17/8/2020).

Berdasarkan pantauan dari Youtube Sekretariat Presiden, Jokowi yang tiba di mimbar upacara sekitar pukul 09.55 WIB. Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi serta Wapres Ma’ruf Amin yang juga mengenakan baju adat.

Adapun baju adat yang dikenakan Jokowi tersebut didominasi warna merah dan putih. Baju adat itu memiliki kain bermotif Kaif berantai nunkòlo.

Jokowi akan bertindak sebagai Inspektur Upacara. HUT ke-75 RI ini digelar secara sederhana, khidmat dan menerapkan protokol kesehatan. Hal ini mengingat situasi pandemi virus corona (Covid-19) yang masih melanda tanah air.

Tim Sabang ditugaskan sebagai pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) di Istana. Indrian Puspita Rahmadhani dari Provinsi Aceh terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih. Lahir di Bireuen, 10 November 2003, Indrian saat ini menempuh pendidikan di SMAN 1 Bireuen.

Dua orang lainnya dari tim tersebut yang akan mengibarkan bendera Merah Putih ialah Muhammad Adzan dari Provinsi Nusa Tenggara Barat yang bertugas sebagai komandan kelompok sekaligus pembentang bendera. Kemudian, I Gusti Agung Bagus Kade Sanggra Wira Adhinata dari Provinsi Bali yang bertugas sebagai pengerek bendera.

BERITA REKOMENDASI