‘Urunan’ Seiklasnya, Murid Kharisma Bangsa Sembelih 177 Sapi Kurban

JAKARTA, KRJOGJA.com – Guna memperkuat pendidikan karakter di sekolah, Sekolah Karisma Bangsa mengadakan iuran guna menyembelih hewan kurban. Hasilnya, terkumpul dana untuk menyembelih 177 ekor sapi yang akan dibagikan kepada masyarakat sekitar. Termasuk murid yang non muslim ikut dalam kegiatan saat Idul Adha ini.

"Pendidikan karakter ini perlu kembali digalakkan agar perasaan berbagi dengan salah satu caranya aksi berbagi daging hewan kurban ke warga kurang mampu di sekitar sekolah," kata
Mehmet Cetin, wali kelas XII SMASekolah Kharisma Bangsa di Jl Terbang Layang, Pondok Cabe,Tangerang Selatan, Minggu (11/8 2019) di sela pembagian daging kurban kepada sekitar 350 warga Pondok Cabe Tangerang Selatan.

Dia menjelaskan seluruh hewan kurban yang terkumpul merupakan partisipasi dan inisiatif dari semua orang tua, siswa, guru serta karyawan di lingkungan sekolah. Salah satu cara yang ditempuh adalah dengan 'market day' dan kepiawaian para guru memberikan motivasi kepada siswa maupun orang tua murid untuk berbagi.

Sebuah hadiah dan prestasi luar biasa karena dalam waktu singkat banyak sumbangan terkumpul. Bahkan, anak-anak non-muslim juga ikut berpartisipasi memberikan sumbangan.

"Sebagai wali kelas, kami harus memotivasi siswa, jangan hanya mengejar nilai akademik. Nilai-nilai moral harus ditanamkan, terutama menanamkan rasa welas asih terhadap orang yang tidak mampu," kata Cetin.

Hal senada diakui  Azka Darmawan, humas Eduversal, kegiatan ini rutin dilakukan untuk menguatkan pendidikan karakter di kalangan anak-anak. Terbukti dari hasil pengumpulan sumbangan, anak-anak SD yang terbanyak.

“Semangat berkurban menjadi inspirasi bagi kami. Berkurban merupakan simbol kepedulian antar – sesama untuk saling berbagi. Semoga dengan berkurban akan senantiasa meningkatkan semangat kerukunan, mempererat tali persaudaraan, dan toleransi di antara sesama masyarakat," ungkapnya.(ati)

 
 

BERITA REKOMENDASI