Urusan Minat dan Bakat Peserta Didik Jadi Tanggung Jawab Orang Tua

“Jangan takut untuk memilih bidang yang menurut orang tidak favorit, tidak ada prodi favorit ataupun tidak favorit. Yang tidak favorit adalah masuk prodi yang tidak sesuai dengan passion, goals, dan tidak memiliki visi dalam prodi tersebut,” jelas Wikan .

Dalam acara yang sama, content creator asal Indonesia Gita Savitri, mengatakan, solusi yang tepat dalam pemilihan jalur pendidikan adalah komunikasi yang baik antara orang tua dan anak. “Orang tua harus melihat anaknya bukan sebagai orang yang dapat mereka kontrol atau melakukan apa yang mereka inginkan,” katanya.

Voice over talent, Bimo Kusumo Yudo pada kesempatan yang sama menambahkan, peran orang tua sangat penting dalam memberikan support terhadap minat dan bakat yang dimiliki oleh sang anak. Namun dengan catatan, orang tua juga mengerti apa goals dari anak mereka.

“Para peserta didik (terlebih dulu) harus mengerti apa yang menjadi goals mereka selama ini, merancang dan mempersiapkan semuanya dengan sangat matang sehingga hal ini menjadi salah satu cara untuk meyakinkan orang tua,” terang Bimo.

BERITA REKOMENDASI