Vaksin Corona Belum Berhasil Dibuat

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Wakil Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Herawati Sudoyo menyatakan belum ada negara, termasuk Indonesia yang berhasil membuat vaksin virus corona yang menyebabkan SARS-CoV-2. Dia mengatakan vaksin SARS-CoV-2 masih dalam uji klinis kepada relawan.

“Vaksin untuk penyakit ini itu sudah dikembangkan oleh berbagai macam institusi atau laboratorium. Tapi, satupun belum ada yang betul-betul lepas (tercipta),” ujar Hera.

Hera menuturkan uji klinis harus dilakukan guna memastikan vaksin mana yang tepat untuk melawan SARS-CoV-2. Ini cukup mendesak untuk menekan angka kematian di dunia akibat virus corona. Terbaru, Indonesia mengumumkan kematian pertama pasien positif Corona.

Meski belum memiliki vaksin, Hera menyampaikan Eijkman telah berdiskusi dengan Kementerian Kesehatan untuk membahas kemungkinan Indonesia membuat vaksin Covid-19. Pembuatan vaksin, dia berkata dengan pertimbangan terjadi Covid-19 menjadi pandemi.

“Jika pandemi, negara-negara pembuat vaksin pasti akan menyimpan untuk negaranya sendiri. Bagaimanapun juga Indonesia harus mulai mengembangkan sendiri seandainya stok yang ada, yang sudah dikembangkan dari negara lain itu tidak cukup,” ujarnya.

Di sisi lain, Hera menyampaikan corona bukan virus yang direncanakan. Dia berkata membuat vaksin SARS-COV-2 adalah sesuatu yang sifatnya keadaan darurat.

“Jadi kita (sekarang) masih bicara strateginya apa, terus target-target juga harus dipilih yang mana yang paling baik untuk di gunakan di Indonesia,” ujar Hera. (*)

BERITA TERKAIT