Vaksin Sputnik V Diklaim Efektif Lawan Omicron

Editor: Ivan Aditya

RUSIA, KRJOGJA.com – Presiden Rusia Vladimir Putin mangklaim vaksin Sputnik V asal Rusia efektif melawan varian Omicron’.

“Pada hari ini terlihat bahwa Sputnik V kami bekerja dengan baik, dan mungkin, lebih baik dalam melawan Omicron daripada vaksin yang digunakan dunia,” tutur Putin.

Putin menambahkan, pakar akan memberikan penilaian akhir terkait efektivitas Sputnik V terhadap varian Omicron dalam beberapa hari ke depan. Tak hanya itu, Moscow siap menyediakan suntikan vaksin Sputnik Light sebagai booster untuk negara lagi, termasuk Eropa.

“Kami bahkan bisa membagikan vaksin yang kami punya dengan negara lain, maksud saya sebagai booster, termasuk negara-negara Eropa. Kami siap memberikan Sputnik Light untuk negara-negara yang ingin menggunakannya sebagai booster. Kami memiliki jumlah yang cukup untuk dibagikan ke negara lain,” tambah Putin.

Pendapat keampuhan Sputnik V juga diutarakan Dana Investasi Langsung Rusia (RDIF). Mengutip studi yang dilakukan produsen vaksin Sputnik V, diketahui bahwa vaksin tersebut memiliki pertahanan yang kuat untuk melawan gejala serius dan rawat inap akibat varian Omicron. (*)

BERITA REKOMENDASI