Vaksinasi COVID-19 untuk Semua Kalangan, Termasuk Lansia

Editor: KRjogja/Gus

Karena itu, imbuhnya, vaksinasi pada Lansia memang perlu didahulukan bertujuan untuk mencegah dan menurunkan angka kematian itu.
“Dengan divaksin, mereka kebal terhadap infeksi itu. Dengan demikian penanganan penyakit lebih memfokuskan pada penyakit komorbid,” kata Tjandra Yoga yang juga mantan Direktur WHO SEARO (World Health Organization South East Asian Regional Office)

Para Lansia, menurutnya, tidak perlu khawatir karena vaksin aman. Dalam uji klinis vaksin COVID-19 di luar negeri – Cina dan Brasil – sudah diberikan kepada Lansia. Menurut data, dari Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) dalam laman covid19.id, angka kematian lansia akibat COVID-19 sebanyak 48,3%. Sebagian besar mereka berusia di atas 59 tahun.

Sebaliknya yang sembuh justru lebih banyak yang berusia 19-59 tahun. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memberikan lampu hijau vaksinasi untuk Lansia pada 7 Februari 2021, setelah mendapatkan informasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan bahwa vaksin COVID-19 untuk Lansia sudah mendapat ijin penggunaan darurat (EUA) untuk Lansia, dua hari sebelumnya. (Ful)

Vaksin COVID-19 (Ilustras)
Attachments area

BERITA REKOMENDASI