Vaksinasi Siswa SMP Berlanjut

Editor: Ivan Aditya

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Program percepatan vaksinasi terus digencarkan oleh pemerintah, baik menyasar lansia, pedagang pasar, masyarakat umum, hingga pelajar. Hari ini Senin (09/08/2021), vaksinasi digelar di Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang berada di wilayah Kecamatan Boyolali, yakni SMP Negeri 2 Boyolali dengan sasaran 659 siswa dan SMP Negeri 3 Boyolali sebanyak 742 siswa.

Bupati Boyolali, M. Said Hidayat menjelaskan, vaksinasi bagi siswa SMP ini merupakan salah satu upaya percepatan vaksinasi dari pemerintah kabupaten (Pemkab) Boyolali, demi mempercepat terwujudnya proses belajar tatap muka yang sangat diimpikan para siswa. Saat ini vaksinasi baru menyasar SMP di Kecamatan Boyolali, untuk selanjutnya akan bertahap di seluruh Kabupaten Boyolali.

“Maka langkah untuk percepatan vaksinasi inilah, adalah upaya yang saya kira tepat. Karena belajar mengajar adalah bagian yang terpenting, mereka adalah bagian dari generasi yang akan datang, maka generasi yang akan datang ini harus kita jaga,” ungkapnya saat meninjau vaksinasi di SMP N 2 Boyolali.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Boyolali, Darmanto berharap, dengan vaksinasi yang digencarkan bagi siswa SMP di wilayah Kecamatan Boyolali ini bisa mempercepat pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM).

“Mudah-mudahan semua berjalan lancar, imunitas komunalnya terbentuk, kemudian peta resikonya juga segera menghijau membaik, dan tekanan dari semua stakeholder pendidikan kan harapannya segera dilaksanakan PTM secara terbatas, vaksinasi ini menjadi syarat mutlak,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesahatan Kabupaten Boyolali, Sherly Jeanne Kilapong menerangkan, bahwa total sasaran vaksinasi siswa tingkat SMP sebanyak 5.409 yang akan dilayani oleh fasilitas kesehatan (faskes) pemerintah maupun swasta. Untuk diketahui, vaksin yang dipergunakan bagi siswa SMP ini menggunakan Sinovac. “Jadi untuk anak usia 12-17 tahun itu direkomendasikan Sinovac,” katanya.

Sebagai informasi, jumlah sasaran vaksinasi bagi siswa meliputi, SMP N 2 Boyolali 659 dan SMP N 3 Boyolali 742 yang dilaksanakan pada hari ini. Selanjutnya SMP N 4 Boyolali 704, SMP N 5 Boyolali 766, dan SMP N 6 Boyolali 580, yang akan dilaksanakan pada Kamis (12/8/2021) Kemudian sasaran SMP Swasta yang ada di Kecamatan Boyolali sebanyak 226, MTS 3 Boyolali sebanyak 756 dan yang terakhir MIMBA 155, juga akan dilaksanakan dihari yang sama. (M-2)

BERITA REKOMENDASI