Via Yogyakarta, Kemenpar Genjot Wisatawan Ke Borobudur

JAKARTA, KRJOGJA.com –  Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan, untuk menggenjot jumlah wisatawan ke Borobudur, pemerintah Jawa Tengah habis bisa berdamai dengan pemerintah DI Yogyakarta. Padahal secara geografis letak Borobudur yang berada di Magelang, Jawa Tengah. Sedangkan, pembangunan bandara Kulonprogo di lakukan di provinsi DI Yogyakarta. 

"Bandara bertaraf internasional saya bangun di Kulonprogo Yogyakarta, bertujuan mengenjot wisman ke Borobudur. Padahal letak Borobudur itu ada di Magelang, Jawa Tengah. Mau tidak mau pemerintah Jawa Tengah harus bisa berdamai dengan pemerintah DI Yogyakarta tentang pembangunan bandara baru ini. Selain itu biar adil, wisatawan turun di Yogya dan lanjut ke Borobudur," kata Menteri Pariwisata Arief  Yahya disela sela peluncuran Event Toraja Marathon 2017 di Jakarta, Jumat (05/05/2017).

Arief juga mengatakan, Borobudur juga ditetapkan sebagai Icon untuk kawasan Joglosemar atau Jogja, Solo dan Semarang. Sehingga kedua provinsi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, bersama-sama menggenjot wisatawan ke Borobudur. "Jadi Borobudur itu punya dua provinsi yakni. DI Yogyakarta dan Jawa Tengah, karena sudah ditetapkan Icon untuk kawasan Joglosemar ituBorobudur,"tegasnya.

Arief juga menambahkan, pembangunan bandara berstandar internasional juga di bangun di 10 + 1 destinasi unggulan di Indonesia. Seperti, Danau Toba (Sumatera Utara), Tanjung Kelayang (Bangka Belitung), Tanjung Lesung (Banten), Kepulauan Seribu (DKI Jakarta), Candi Borobudur (Jawa Tengah), Bromo Tengger Semeru (JawaTimur), Mandalika (Lombok, NTB), Labuan Bajo (Flores, NTT),  Wakatobi (Sulawesi Tenggara), dan Morotai  (Maluku). Plus 1 yakni Toraja. (Lmg)

BERITA REKOMENDASI