Wanita 22 Tahun, Lulusan Unwira Kupang Jadi CEO BUMN BRI Termuda

Editor: Ary B Prass

JAKARTA, KRJOGJA.com – Salah satu lulusan Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang, Sisilia Gracella Tunga, berhasil menjabat sebagai Direktur Utama atau CEO perusahaan BUMN, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.
Menteri BUMN Erick Thohir resmi menunjuk Sisilia menjadi Direktur Utama BRI menggantikan peran Direktur Utama Sunarso selama sehari melalui program kolaborasi Kementerian BUMN dan Plan Indonesia yakni Girls Take Over 2021.

“Menteri BUMN @erickthohir resmi tunjuk Sisilia, milenial 22 tahun asal Kupang, NTT jadi Direktur Utama BRI selama sehari melalui Program Girls Take Over,” tulis akun BRI melalui akun instagram resminya beberapa waktu lalu.

Sisilia merupakan lulusan Unwira, Kupang, Nusa Tenggara Timur tahun 2019 yang berasal dari Prodi Bahasa Inggris. Sebagai sarjana pendidikan ia menajamkan kariernya dengan berbagai pengalaman.

Misalnya, dengan menjadi educator dan Plt Kepala Sekolah Pendidikan Usia Dini yang membawahi empat kelas besar di sebuah Lembaga Pendidikan swasta di kota Kupang. Tak hanya itu, sejak menjadi mahasiswa pada tahun 2015, Sisilia juga aktif dalam komunitas di bidang pendidikan dan lingkungan.

Perempuan 22 tahun ini mengajar bahasa Inggris dan mata pelajaran, serta keahlian lainnya bagi anak-anak yang tinggal di kampung nelayan dan yang bekerja sebagai kuli angkut di pasar.

Salah satu alasannya mengikuti program ini adalah ingin mendorong semua pihak untuk lebih memperhatikan isu kesetaraan gender dan tidak menghakimi perempuan atas pilihan yang diambil terhadap kepemilikan tubuhnya.

Selama menjadi Dirut perusahaan BUMN ini, Sisilia akan menjalankan perannya dengan berbagai kegiatan. Mulai dari menyaksikan penandatanganan kerjasama, memimpin rapat pimpinan, hingga kunjungan lapangan.

Sisilia juga akan memberikan masukan atas situasi yang diobservasi di lapangan. Selain itu, perempuan muda asal NTT ini juga akan berdiskusi dengan Direktur Utama Sunarso untuk meningkatkan kepemimpinan setara di lingkungan Bank Rakyat Indonesia.

BERITA REKOMENDASI