Wanita Cerdas, Ani Yudhoyono Pernah Terima Penghargaan Ini

JAKARTA, KRJOGJA.com – Ani Yudhoyono tutup usia pada Sabtu, (1/6/2019) usai berjuang melawan kanker darah sejak Februari 2019. Ia meninggal dalam perawatan medis di National University Hospital (NUH), di Singapura.

Ibu dari dua putra ini selama menjadi Ibu Negara setia dan mendukug tugas Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono. Semasa hidupnya Ani Yudhoyono juga berkontribusi untuk membantu kesejahteraa masyarakat Indonesia baik lewat bidang ekonomi hingga sosial.

Dari kontribusi tersebut, ia juga mendapatkan sejumlah penghargaan semasa hidupnya. Mengutip dari berbagai sumber:

1.Penghargaan berupa pin emas

Ani Yudhoyono mendapatkan penghargaan berupa pin emas dari pemegang nobel perdamaian tahu 2006 dan pendiri Grameen Bank, Bangladesh M.Yunus. Penghargaan ini diberikan sebagai komitmen Ibu Negara mengembangkan UKM dan kredit mikro Indonesia melalui program perempuan keluarga sehat dan sejahtera dan Indonesia Kreatif (Perkassa).

2. Penghargaan berupa pin emas oleh Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan

Ani Yudhoyono mendapatkan penghargaan berupa pin emas oleh Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan sebagai “Ibu Penigkata Kualitas Hidup Perempuan dan Anak” dalam acara puncak peringatan pekan ASI Sedunia pada 2007.

3. Penghargaan Unep

Ani Yudhoyono juga mendapatkan penghargaan berupa certificate of global leadership dari the United Nations Environment Program (UNEP) untuk kepemimpinan Ibu Negara dalam program gerakan tanam dan pelihara 10 juta pohon di seluruh Indonesia.

4. Penghargaa Unesco

Ani Yudhoyono juga menerima penghargaan sebagai tokoh pemberdayaan perempuan dalam pendidikan dari LOreal dan Badan PBB untuk pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan (United Nation Educational, Scientific, and Cultural Organization/UNESCO).

Ani Yudhoyono dinilai berkomitmen dan berkontribusi inovatif untuk meningkatkan taraf hidup perempuan dan anak-anak Indonesia.(*)

BERITA REKOMENDASI