Wanita WNI Pengikut ISIS Diduga Tewas di Suriah

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kementerian Luar Negeri menyatakan sedang meminta Kedutaan Besar RI di Damaskus mencari tahu soal kabar seorang perempuan asal Indonesia ditemukan tewas di kamp pengungsi Al-Hol, Suriah. Perempuan itu dilaporkan merupakan pengikut ISIS bernama Sodermini atau Sudarmini yang dilaporkan tengah mengandung enam bulan.

"Pemerintah, khususnya melalui KBRI Damaskus tengah berupaya memverifikasi kebenaran informasi, adanya perempuan yang diberitakan berkewarganegaraan Indonesia meninggal di kamp Suriah," ucap pelaksana tugas juru bicara Kemlu RI, Teuku Faizasyah.

Teuku mengatakan proses verifikasi akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar, lantaran situasi di Suriah yang sampai saat ini belum kondusif. "Terlebih lagi, merujuk ke pemberitaan tersebut, lokasi tempat kejadian berada di bawah pengawasan kelompok yang berseberangan dengan pemerintah Suriah," katanya.

Kasus ini pertama kali diungkap oleh kantor berita Kurdi, Hawar News Agency. Media tersebut mengatakan perempuan itu meninggal akibat kekerasan. Luka memar dilaporkan ditemukan di sekujur tubuh wanita tersebut. (*)

BERITA TERKAIT