Wapres Ingatkan Polri Soal Bahaya Teknologi

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Wakil Presiden RI Jusuf Kalla alias JK mengingatkan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) soal efek teknologi terhadap keamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018.

"Dewasa ini, masalah teknologi yang paling banyak menyebabkan masalah, yang bisa menjadi hate speech, berita hoaks, dan sebagainya. Hal itu tentu yang kita harus bekerja sama dengan semua sistem di pemerintahan kita," katanya.

Menurutnya, kecepatan penyebaran informasi melalui media sosial dapat memicu berkembangnya berita yang belum terkonfirmasi kebenarannya seperti hoaks, atau ujaran kebencian di tengah masyarakat.

Lantaran itu, JK meminta seluruh anggota Polri memiliki pengetahuan teknologi informasi yang baik agar dapat mengatasi penyebaran hoaks dan ujaran kebencian dan mencegah konflik.

"Polisi harus profesional, modern dan dapat dipercaya. Maka pastilah salah satu syarat sekarang sistem kepolisian kita ialah menguasai teknologi," katanya.

Selain itu, JK juga mengingtkan Polri terkait masalah lain yang juga kerap menimbulkan konflik sosial, yakni terkait perbedaan agama dan pandangan politik. (*)

BERITA REKOMENDASI