Wapres Minta Polri Jamin Keamanan Pilkada Serentak 2020

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kepolisian harus  menjamin keamanan pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 dan penindakan terhadap pelanggaran protokol kesehatan COVID-19.

Demikian Wapres Ma’ruf Amien Saat menyampaikan materi pada Seminar Sekolah Staf dan Pimpinan Tingkat Tinggi (Sespimti) Polri Pendidikan Reguler (Dikreg) ke-29 Tahun 2020 secara virtual dari rumah dinas wapres di Jakarta, Jumat, (2/10 2020)

Pandemi COVID-19 memberikan tantangan tersendiri bagi Polri untuk menjalankan tugas-tugas pengamanan.

“Di satu sisi dituntut untuk konsentrasi terhadap penanganan COVID-19 dan di sisi lain harus menjamin keamanan terhadap berlangsungnya proses pilkada. Untuk itu, perlu dilakukan antisipasi dan persiapan yang baik,” kata Ma’ruf Amin.

Dalam situasi normal, kemampuan Polri tidak dapat diragukan dalam mengawal pelaksanaan pesta demokrasi, baik pada Pilpres Tahun 2019 dan Pilkada Serentak Tahun 2018, katanya. Namun, situasi pandemi memerlukan kerja ekstra bagi polisi dalam melaksanakan tugasnya.

Ma’ruf juga meminta jajaran Polri tetap menjaga netralitas sebagai aparat negara, khususnya ketika menangani potensi maupun perkara pelanggaran selama tahapan Pilkada Serentak 2020 berlangsung.

BERITA REKOMENDASI