Warga Malaysia Beli Tiket dengan Kartu Kredit Palsu

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA (KRjogja.com) – Pria berkewarganegaraan Malaysia, WCY (18) ditangkap tim Subdit Fiskal Moneter dan Devisa (Fismondev) Ditreskrimsus Polda Metro Jaya karena membeli 13 tiket pesawat dengan menggunakan kartu kredit palsu. Kasus ini terungkap atas kerja sama polisi dengan asosiasi kartu kredit.

"Asosiasi kartu kredit melakukan monitoring tanggal 7 Agustus lalu dan sebelumnya berkaitan dengan pemalsuan kartu kredit bahwa ada transaksi kartu kredit mencurigakan di sebuh travel di kawasan Jakpus," jelas Kasubdit Fismondev Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, AKBP Teguh Wibowo.

Pelaku saat itu melakukan transaksi pembelian 13 tiket pesawat untuk penerbangan rute Jakarta ke sejumlah negara seperti Malaysia, Singapura dan Jepang. Kecurigaan muncul ketika pelaku kembali ke travel tersebut untuk mengubah jadwal penerbangan.

Teguh menerangkan, pelaku saat itu menggunakan 2 buah kartu kredit sebuah bank swasta Indonesia untuk melakukan transaksi tersebut. Total kerugian yang diderita pihak bank sebesar Rp 111.177.170.

Berdasarkan keterangan pelaku, ia mengaku disuruh oleh seorang pria WN Malaysia berinisial NY yang ada di negaranya. NY menugaskan pelaku untuk datang ke Indonesia pada tanggal 7 Agustus untuk melakukan transaksi pembelian tiket. (*)

BERITA REKOMENDASI