Warga Tak Mudik Bakal Dapat Insentif

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Sosial Juliari Batubara mengatakan pihaknya menyiapkan skema bantuan sosial sebagai insentif agar warga Jakarta tidak mudik Lebaran 2020. Insentif tergabung dalam program Jaring Pengaman Sosial (JPS) yang disiapkan pemerintah dalam penanganan virus corona (Covid-19).

“Ini sebenarnya Presiden minta karena beliau tidak, belum melarang mudik. Jadi beliau meminta saya agar dipikirkan bagaimana bentuk semacam insentif bagi para calon pemudik dari Jakarta agar mereka tidak atau mengurungkan niatnya untuk mudik,” kata Juliari.

Dia menjelaskan, pemberian insentif ini disiapkan pemerintah agar masyarakat tidak mudik dan tetap bertahan di Jakarta. Namun begitu, Juliari meyakini kebijakan pemberian insentif ini tidak akan bisa menahan masyarakat tetap berada di Jakarta atau tak mudik seluruhnya.

Dia menerangkan bahwa Kemensos sedang berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi DKI untuk mengumpulkan data masyarakat yang kemungkinan akan mudik. Menurutnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah memberikan data sebanyak 2,5 juta jiwa yang kemungkinan keluar dari Jakarta. (*)

BERITA REKOMENDASI