Warga Tionghoa Rayakan Zhong Qio Jie di Klenteng Gondomanan

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Ratusan warga Tionghoa berkumpul di Klenteng Fuk Ling Miau atau yang lebih dikenal sebagai Klenteng Gondomanan, Jumat (13/09/2019) malam. Mereka datang ke klenteng untuk merayakan Zhong Qio Jie atau Festival Pertengahan Musim Gugur yang sering disebut pula sebagai Festival Kue Bulan.

Festival ini selalu diperingati setiap hari kelimabelas pada bulan delapan dalam kalender Imlek. Perayaan Zhong Qio Jie merupakan hari raya panen dan salah satu festival terpenting yang selalu diperingati warga di China.

Ketua Klenteng Gondomanan, Ang Peng Siang mengatakan saat peringatan Zhong Qio Jie bulan selalu purnama. Beda dengan purnama pada bulan-bulan biasa, saat Zhong Qio Jie femonena bulan akan terlihat lebih utuh dan bulat sempurna.

"Ini sudah merupakan tradisi yang diperingati secara turun temurun sejak dahulu oleh para leluhur. Ini juga bentuk syukur atas semua yang telah kami terima," kata pria yang akrab disapa Angling Wijaya ini.

Ia mengatakan, peringatan ini tak hanya dirayakan warga Tionghoa saja. Di bawah terangnya sinar purnama, warga sekitar klenteng juga terlihat berkumpul dan larut dalam kemeriahan perayaan Zhong Qio Jie yang dimulai sejak petang hingga malam hari tersebut.

Nilai-nilai persatuan selalu ditonjolkan dalam perayaan ini tiap tahunnya untuk menjaga keutuhan bangsan serta negara dalam bingkai kebhinnekaan. Angling Wijaya berharap festival ini dapat menyatukan masyarakat dari berbagai etnis, agama maupun suku yang ada di tanah air.

"Kegiatan ini juga untuk melestarikan budaya. Tak hanya budaya Tionghoa saja, namun juga budaya asli tanah air harus kita jaga dan lestarikan. Semoga bangsa ini selalu rukun dan NKRI tetap terjaga," tegasnya.

Berbagai budaya khas Tionghoa disuguhkan dalam festival ini. Tak hanya itu, tarian tradisional Jawa juga ditampilkan oleh para penari yang berasal dari warga Tionghoa. Di halaman klenteng juga terlihat stand batik memajang berbagai corak khas Yogya. (*)

BERITA REKOMENDASI