Waspada Demam Berdarah di Musim Pandemi Covid-19

JAKARTA, KRJOGJA.com – Di tengah pandemi Covid-19, masyarakat perlu mewaspadai penularan penyakit demam berdarah dengue (DBD). Kementerian Kesehatan mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai penyakit DBD yang masih mengintai saat pandemi Covid-19.

Demikian dijelaskan Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi, Sabtu (29/5/2021). Saat ini penularan virus dengue yang dibawa oleh nyamuk aedes aegepty dikarenakan banyaknya tempat perkembangbiakan jentik.

Bertambah panjangnya masa penularan penyakit DBD ini belum pernah terjadi sebelumnya. Namun Nadia mengatakan jumlah kasus DBD dan angka kematian akibat penyakit tersebut tahun ini masih di bawah tahun lalu pada periode yang sama.

Hal senada disampaikan Derek Wallace, Vice President Dengue Global Program Leader Takeda Pharmaceutical, yang dirilis di Osaka, Jepang, Jumat (28/5/2021). DBD merupakan demam atau infeksi yang disebabkan virus flavivirodae. DBD diperantarai oleh nyamuk Aedes aegypti. Karenanya, lakukan kegiatan 3M (menguras, menutup, dan mengubur) dan jangan lupa membuang air pada tampungan dispenser air.(Ati)

BERITA REKOMENDASI