Waspada, PJJ Timbulkan Kebosanan dan Cyber bullying Anak

JAKARTA, KRJOGJA.com – Pembelajaran jarak jauh (PJJ) bisa menimbulkan bosan dan  bisa menimbulkan sikap cyberbullying di anak sekolah dasar (SD).

Dra. Sri Wahyuningsih, M.Pd selaku Direktur Sekolah Dasar (SD) Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjelaskan Pembelajaran jarak jauh merupakan solusi di tengah pandemi Covid-19. Tanpa ada kontak fisik dan kerumunan orang di sekolah, kegiatan belajar mengajar bisa tetap berlangsung. Tapi di sisi lain, belajar jarak jauh menggunakan internet, gadget dan media sosial bisa menimbulkan kebosanan.

“Rasa bosan ini tidak menutup kemungkinan akan menimbulkan dampak negatif, salah satunya sikap cyberbullying,” ujar Sri Wahyuningsih.

Untuk mencegah dampak negatif dari belajar daring, Sri Wahyuningsih menghimbau para guru serta orang tua untuk memahami serta memperbaiki penggunaan media sosial sehingga menghidarkan siswa dari sikap cyberbullyng. Kalau tidak di-manage dengan baik, belajar jarak jauh daring ini memang rentan memicu cyberbullying akibat dari rasa bosan yang terjadi pada siswa.

 

BERITA REKOMENDASI