Wawalikota Bekasi Resmikan Sanggar Wayang Ajen

BEKASI, KRJOGJA.com – Kota Bekasi kini memiliki kebanggaan baru di sektor budaya. Kebanggaan itu adalah Sanggar Wayang Ajen. Kamis (27/12) malam, sanggar ini diresmikan Wakil Walikota Bekasi, Tri Adhianto.

Sanggar Wayang Ajen berada di jalan Kusuma Barat VI,Wisma Jaya, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat.
Saat peresmian Wakil Walikota Bekasi Tri Adhianto hadir didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Zarkasih, Sekretaris Camat Bekasi Timur Fitri Widyati, Lurah Duren Jaya Prabowo, dan para tokoh agama.

Wakil Walikota Bekasi yang akrab disapa Tri, mengaku sangat peduli dengan pelestarian dan perkembangan budaya. Serta pemanfaatannya seni sebagai atraksi Pariwisata budaya. Apalagi yang mampu melibatkan masyarakat dan dapat mendongkrak kesejahteraan masyarakat.

Tri juga berterima kasih kepada penggagas Wayang Ajen, Ki Dalang Wawan Gunawan karena telah membantu melestarikan, mengembangkan mengangkat dan mengenalkan kebudayaan Indonesia. Caranya melalui seni Wayang yang hadir di Kota Bekasi. Wayang Ajen ini kreatif dan keren harus menjadi kebanggan warga Kota Bekasi, karena Wayang Ajen ini telah mendunia.

"Saya mengapresiasi sebesar-besarnya kepada Pak Wawan Gunawan atau lebih popularnya Ki Dalang Wawan Ajen, selaku pemilik sanggar wayang Ajen ini. Karena, dari sini kita sudah mulai bisa mengenalkan dan melestarikan serta memanfatkan budaya Indonesia seperti wayang ini sebagai atraksi wisata budaya," jelasnya.

Ditambahkannya, Wayang Ajen sudah go internasional. Sekitar 51 negara telah mengapresiasi kehadiran Wayang Ajen yang berdomisili di Kota Bekasi ini.

“Kami sangat bahagia, ini kebanggaan kita, Wayang Ajen telah mengharumkan nama bangsa Indonesia, khususnya Jawa Barat dan Kota Bekasi. Kita turut mengapresiasi. Ini Keren dan paten,” papar Tri.

Tri menyampaikan komitmen Pemerintah Kota Bekasi untuk turut serta memajukan Pariwisata Indonesia. Caranya melalui kerjasama antara berbagai pihak. Dan terus berupaya mendorong pergerakan jumlah kunjungan wisman dan wisnus ke Kota Bekasi.
Tri juga berharap Kota Bekasi lewat Dinas Pariwisata dan Budaya dapat mengembangkan potensi-potensi wisata dan budaya. Semua harus dikemas dan dijadikan paket-paket atraksi pariwisata yang dapat menarik jumlah kunjungan wisatawan. Baik itu wisata perkotaan, wisata belanja, wisata kuliner dan wisata buatan.

"Kota Bekasi sudah memulai membangun tempat-tempat wisata tahun ini, seperti contoh hutan bambu yang ada di margahayu Bekasi Timur serta taman edukasi yang menjadi tempat warga berinteraksi sosial," kata Tri.

Kedepannya Tri dan para seniman  akan menggelar festival budaya akbar pada April 2019 nanti. Kegiatan ini akan melibatkan seluruh stakeholder budaya Kota Bekasi. 

“Tentu kita juga akan gelar Semarak Wayang Ajen yang sudah kaliber internasional di wilayah domisilinya. Tujuannya untuk mendongkrak pariwisata Kota Bekasi, sekaligus perayaan HUT Kota Bekasi Maret 2019. Serta memberikan tontonan dan tuntunan bagi masyarakat dengan pertunjukan wayang berkelas dunia,” paparnya.(*)

BERITA REKOMENDASI