Wiranto Bantah Tolak Relawan Asing

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam) Wiranto membantah kabar penolakan relawan asing di lokasi bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Menurut dia pemerintah hanya mendata relawan yang datang ke lokasi gempa, dan bukan menolak.

"Kami enggak menolak relawan sama sekali. Kita bangsa yang berbudaya, Kita punya kultur. Kultur kita kultur yang sangat ramah menerima tamu, tidak mungkin kita ngusir kita hanya tanya dari mana sih anda," papar Wiranto.

Pendataan itu, menurut dia, diperlukan untuk menjaga keamanan dan ketertiban di lokasi bencana. Wiranto memastikan relawan asing yang datang ke Sulteng diawasi oleh pemerintah.

"Tidak pernah ada kita tolak relawan asing, tidak. Tetapi kita juga butuh keamanan, butuh juga adanya security dalam rangka meningkatkan agar daerah itu tetap aman," ujar dia.

Mantan Panglima ABRI ini mengatakan pemerintah Indonesia juga sudah memberikan imbauan dan peringatan kepada negara-negara yang ingin mengirimkan relawan agar sesuai dengan kebutuhan di lokasi bencana.

Ia mengimbau kepada negara-negara donor agar tidak mengirimkan tenaga relawan yang sudah tersedia di lokasi bencana. Wiranto mengatakan relawan asing yang tidak jelas asal-usulnya diminta untuk melapor dan melengkapi sejumlah persyaratan apabila ingin datang ke lokasi. Menurut dia tidak bisa sembarangan orang datang ke lokasi bencana. (*)

BERITA REKOMENDASI