Wiranto Jamin Netral Petinggi Polri Jabat Plt Gubernur

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Koordinator (Menko) bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto menjamin netralitas dua jenderal polisi yang didapuk untuk menjabat sebagai pelaksana tugas (plt) gubernur. Diketahui, dua perwira tinggi diplot jadi Plt Gubernur yakni Asisten Kapolri bidang Operasi (Asops) Inspektur Jenderal Mochamad Iriawan sebagai Plt Gubernur Jawa Barat serta Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri Irjen Martuani Sormin menjadi Plt Gubernur Sumatera Utara.

"Iya dong (jaminan netralitas) harus ada," kata Wiranto, Jumat (26/01/2018).

Wiranto menuturkan, dua jenderal yang menjabat sebagai Plt Gubernur juga mengemban misi untuk mengamankan pelaksanaan Pilkada. "Misi (mengamankan pilkada) itu kan bukan dianjurkan dengan berpihak tapi justru netral, enggak usah khawatir," tuturnya.

Apalagi, kata Wiranto, setiap pejabat pasti memiliki sumpah, sehingga adanya sumpah tersebut juga bisa menjamin netralitas pejabat tersebut. Di sisi lain, Wiranto mengatakan, penunjukkan dua jenderal polisi sebagai plt gubernur sudah berkoordinasi dengan dirinya selaku Menko Polhukam.

Wiranto mengungkapkan, nantinya akan ada lagi pejabat dari kementeriannya yang juga akan menjabat kembali sebagai Plt Gubernur. Sebelumnya Inspektur Jenderal Carlo Brix Tewu, Staf Ahli Bidang Ideologi dan Konstitusi Kemenko Polhukam ditunjuk sebagai Plt Gubernur Sulawesi Barat.

Namun, dirinya belum mengetahui pejabatnya akan ditempatkan di wilayah mana. "Terserah pak Tjahjo (Mendagri)," ucapnya. (*)

BERITA REKOMENDASI