Wiranto Tegaskan Aparat Tak Anti Demo

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Koordinator Politik dan Keamanan Wiranto menegaskan pemerintah dan aparat keamanan tidak melarang aksi unjuk rasa. Sebab menurutnya, demonstrasi diizinkan oleh peraturan perundangan.

Tapi, kata Wiranto, demonstrasi yang terjadi sejak pekan lalu telah berubah menjadi aksi anarkis. "Ini bukan demo, tapi gerakan yang dilakukan perusuh, maka aparat tidak melakukan langkah antidemo, tapi antikerusuhan," kata Wiranto.

Kata Wiranto, dia telah berkoordinasi dengan pimpinan Polri dan TNI untuk mempersiapkan pasukan untuk menghadapi berbagai kemungkinan dalam aksi hari ini. Dia meminta agar masyarakat tidak panik menghadapi aksi massa.

Mahasiswa dan pelajar di sejumlah daerah menggelar aksi protes menentang pengesahan UU KPK, dan menolak rencana pengesahan RUU KUHP, RUU Pertanahan, dan RUU Minerba, serta RUU lain yang dianggap bermasalah.

"Masyarakat harap tenang. Kami ingatkan demonstran jangan bertindak anarki. Jangan ganggu pelantikan DPR yang merupakan amanat konstitusi," katanya. (*)

BERITA REKOMENDASI