WNA Australia Masuk Jajaran Direksi BUMN, Ini Penjelasan Kementerian BUMN

JAKARTA, KRJOGJA.com – Pekan ini, beredar postingan melalui akun media sosial yang menyebutkan adanya direksi BUMN yang merupakan Warga Negara Asing (WNA).

Disebut-sebut, warga negara Australia bernama Antonius Reiner ditunjuk sebagai direktur di PT Pertamina Bina Medika (Pertamedika) IHC. Dikabarkan pula, ini pertama kalinya direksi BUMN diambil dari kalangan asing.

Netizen yang memposting informasi tersebut menyayangkan hal ini seolah Indonesia kekurangan generasi penerus sampai harus mencatut WNA di tubuh BUMN.

Menanggapi hal itu, Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga angkat bicara. Dia mengklarifikasi bahwa perusahaan yang dimaksud bukan BUMN, melainkan anak usaha BUMN. Pun, Antonius adalah seorang diaspora yang ditarik kembali untuk membantu membangun Indonesia.

“Itu di anak usaha BUMN, ya, bukan BUMNnya, beda. Lalu, kita pilih diaspora, dia orang Indonesia, di luar negeri, kita tarik lagi ke Indonesia, dia orang Indonesia lahir di Indonesia. Sekolah di Indonesia. Nah, kuliah dan berkarier di luar negeri, itu kita tarik untuk membangun anak usaha BUMN,” jelas Arya saat dihubungi, Minggu (28/6/2020).

BERITA REKOMENDASI