WNI di Hubei China Segera Dievakuasi

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan akan mengevakuasi WNI yang berada di tujuh titik di Provinsi Hubei. Retno menegaskan evakuasi WNI akan dilakukan bukan hanya yang berada di kota Wuhan yang menjadi pusat penyebaran virus corona.

"Evakuasi akan dilakukan tidak hanya di Wuhan, tetapi juga di titik-titik lain yang masih satu provinsi," ujar Retno.

Ia menerangkan saat ini sedikitnya 248 WNI tersebar di tujuk titik di Provinsi Hubei. Untuk memulangkan seluruh warga, Retno menerangkan pihaknya merampungkan serangkaian prosedur termasuk perizinan, koordinasi, dan keperluan lain dengan otoritas China.

Hingga saat ini, ia mengatakan pemerintah Indonesia melakukan koordinasi dengan sembilan koordinator PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia) yang berada di Hubei.

"Tiap hari KBRI di Beijing melakukan koordinasi. Kami masih merencanakan secara detail sejumlah persiapan, mengingat jarak antara satu titik WNI dengan titik lain ratusan kilometer," tambahnya.

Menyoal waktu evakuasi, Retno tidak mengungkap kapan pastinya. "Untuk evakuasi pada titik ini saya belum dapat sampaikan opsi mana yang akan kita ambil. Jika semua prosedur sudah rampung, kami akan evakuasi sesegera mungkin," ucapnya. (*)

BERITA REKOMENDASI