World Zakat Forum 2020 Rumuskan Delapan Resolusi

Editor: KRjogja/Gus

JAKARTA, KRJOGJA.com – Para tokoh organisasi lembaga zakat dari 27 negara anggota World Zakat Forum (WZF) sepakat merumuskan delapan resolusi dari tema utama yang diangkat yakni “Post Covid-19 Economic Recovery: The Role of World Zakat Forum” (Pemulihan Ekonomi Pasca Covid-19 : Peran World Zakat Forum).

Sekretaris Jenderal WZF 2020-2023 terpilih Dr. Zainulbahar Noor, SE, M.Ec, Selasa (01/12/2020) menyampaikan tujuh resolusi ini merupakan hasil kesepakatan dari para peserta yang sebelumnya memiliki empat subtema pembahasan diantaranya peran World Zakat Forum dalam pemulihan ekonomi pasca Covid-19.

Selain itu, aktivasi ekonomi global pasca Covid-19: adopsi teknologi dalam penyelenggaraan zakat, langkah ke depan dalam memperkuat Forum Zakat Dunia, dan terakhir praktik terbaik pengelolaan zakat di tengah pandemi. “Konferensi ini juga menandai kolaborasi pemerintah bersama dengan gerakan zakat global untuk memulihkan kondisi kesehatan dan sosial ekonomi masyarakat akibat terdampak pandemi Covid-19,” ujar Zainulbahar Noor

Konferensi Internasional World Zakat Forum (WZF) 2020 digelar secara daring melalui kanal Youtube BAZNAS TV sejak Senin (30/11/2020) dan Selasa (01/12/2020). Berikut delapan resolusi World Zakat Forum 2020, pertama, menghimbau seluruh anggota WZF untuk memperkuat kerja sama dengan pemerintah dan pemangku kepentingan strategis lainnya guna memitigasi dampak sosial ekonomi pandemi Covid-19 melalui optimalisasi instrumen zakat.

Kedua, mengajak seluruh anggota WZF untuk mengoptimalkan platform digital dan teknologi terkini dalam melakukan ajakan, penghitungan, penghimpunan, dan penyaluran dana zakat di masing-masing negara anggota. Ketiga, mendesak seluruh negara anggota untuk kembali memfokuskan program penyaluran zakat guna memulihkan perekonomian masyarakat yang terkena pandemi Covid-19.

BERITA REKOMENDASI