Yayasan Pendidikan Astra Dukung Pendidikan Pacitan

PACITAN (KRjogja.com) – PT Astra International Tbk melalui Yayasan pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) berkerjasama dengan Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) dan Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan  menyelenggarakan Seminar Pendidikan dengan tema 'Membudayakan Sikap Ilmiah Melalui Penelitian Dan Publikasi Pembelajaran Bermakna'.

Bertempat di Pendopo Kantor Bupati Pacitan, Seminar Pendidikan yang diselenggarakan pada tanggal 21 November 2016 secara resmi dibuka oleh Bupati Pacitan Drs. Indartato, MM, dihadiri oleh 420 peserta yang diantaranya adalah Pimpinan SKPD Kab. Pacitan, UPT Dinas Pendidikan Tingkat Kec. Donorojo, Kepala Sekolah SD, SMP, dan SMK di Kec. Donorojo dan sekitarnya. 
 
"Kami menyambut baik acara Seminar Pendidikan yang diselenggarakan oleh YPA-MDR ini karena ini merupakan wadah untuk para guru untuk terus meningkatkan kompetensinya dalam meningkatkan hasil belajar para siswa. Para guru akan mendapatkan masukan-masukan untuk menyempurnakan hasil penelitian yang telah mereka lakukan," tutur Indartato saat membuka Seminar Pendidikan. 

Sebanyak 7 Guru SD dan 5 Guru SMP binaan YPA-MDR diberikan kesempatan untuk menyampaikan hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK  dalam Seminar Pendidikan yang merupakan salah satu hasil pembinaan YPA-MDR untuk guru-guru Sekolah Binaan Astra di bidang akademis, yang telah dibina dan didampingi sejak tahun 2012 di Pacitan. 

Sekretaris Pengurus YPA-MDR Kristanto menjelaskan tujuan kegiatan iniuntuk mendiseminasikan hasil-hasil PTK guru dan kepala sekolah binaan kepada guru dan kepala sekolah serta praktisi pendidikan di daerah sekitar binaan YPA-MDR, melatih kemampuan komunikasi baik verbal maupun tertulis guru-guru dan kepala sekolah binaan melalui presentasi tulisan atau karya ilmiah. Lalu mempromosikan guru-guru, kepala sekolah dan sekolah binaan sebagai agen-agen perubahan pendidikan, baik di tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi maupun tingkat nasional. 

"Kami berharap seminar ini dapat menjadi sarana positif untuk meningkatkan kualitas guru terutama dalam kompetensi pedagogik. Perlu kita ketahui bahwa penyusunan PTK adalah salah satu alternatif praktis bagi pengembangan kompetensi guru dan seminar ini adalah wadah untuk mempublikasikan hasil-hasil PTK para guru sehingga secara tidak langsung kegiatan ini menjadi fasilitas bagi guru untuk menyeminarkan PTK yang telah dibuatnya,” ujar Kristanto. (Tom)

BERITA REKOMENDASI