Zona Merah Masih Sisakan 53 Daerah

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Epidemiolog Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Dewi Nur Aisyah mengatakan ada perubahan zonasi risiko penularan virus corona di Indonesia per data 5 Juli 2020.

Dewi menyebut ada penambahan zona hijau di Indonesia hingga berjumlah 104, sementara zona merah berada di angka 53. Provinsi yang berhasil berpindah ke zona hijau adalah tiga daerah di Provinsi Sumatera Barat dan dua daerah di Provinsi Sumatera Selatan.

“Ada 43 kabupaten kota yang meski sebelumnya terdapat kasus namun tidak ada kasus baru dalam dua pekan sehingga menjadi zona hijau, dan 61 kabupaten kota yang tidak terdampak, dan 53 zona merah” kata Dewi.

Dewi menekankan peta zonasi dapat berubah warna setiap minggunya, bergantung pada penemuan kasus dalam daerah tersebut. Untuk diketahui, penentuan zona pada sebuah daerah berdasarkan pada indikator kesehatan masyarakat seperti indikator epidemiologi, indikator surveilans kesehatan masyarakat dan indikator pelayanan kesehatan.

Setidaknya ada empat kategori zona wilayah terkait Covid-19. Itu adalah zona hijau yang berarti daerah tanpa penularan virus corona, zona kuning artinya penyebaran Covid-19 rendah, zona oranye menandakan daerah dengan risiko sedang, dan zona merah berarti wilayah dengan risiko penyebaran corona tinggi. (*)

BERITA REKOMENDASI