Bimbingan Teknis, Tips, dan Trik Naik Jabatan Pranata Humas

user
Ary B Prass 23 Juni 2022, 20:17 WIB
untitled

BALI, KRJOGJA.com - Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika RI melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Relasi Media dan Public Speaking, Bimtek Pembinaan Jabatan Fungsional Pranata Humas, dan Pengelolaan Media Sosial Pemerintah, yang dilaksanakan di Bali, Kamis 23 Juni 2022.

Acara tersebut dihadiri oleh Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Bali, I Dewa Putu Sunartha, Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik, Hasyim Gautama, dan dibuka langsung oleh Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Usman Kansong.

Ada 3 kegiatan pokok dalam acara ini, yakni Bimbingan Teknis atau Bimtek Pelaksanaan Kebijakan Sub-urusan Informasi dan Komunikasi Publik: Pengelolaan Relasi Media dan Publik Speaking, Bimtek Jabatan Fungsional Pranata Humas Tips dan Trik Naik Jabatan Pranata Humas serta Bimbingan Teknis Pengelolaan Media Sosial Pemerintah Monitoring Isu dan Strategi Optimalisasi Diseminasi Informasi Melalui Media Sosial.

Dirjen IKP Kementerian Kominfo Usman Kansong menyebutkan di era teknologi informasi yang berkembang pesat saat ini media memiliki peran penting dalam mewujudkan sebuah negara demokratis menjadi salah satu instrumen demokrasi. Media juga berperan memberikan informasi kepada masyarakat. Dengan informasi yang diperolehnya masyarakat diharapkan akan terdorong untuk secara aktif mengekspresikan ide gagasan dan opininya dalam mendukung proses pembangunan baik di pusat maupun di daerah, ujar Usman Kansong.

‘Kita perlu menyampaikan pesan-pesan positif dan prestasi kerja pemerintah dengan cara efektif melalui media sosial, media massa maupun melalui interaksi langsung dengan publik tugas keseharian kita bersinggungan dengan membangun dan mengelola reputasi tidak hanya instansi kita tapi juga negara kita perlu memperkuat citra bangsa secara konsisten sehingga terbangun kepercayaan dan meningkatkan partisipasi publik dalam pembangunan bangsa,", jelas Usman Kansong.

Bimtek Pengelolaan Selasi Media dan Public Speaking memberikan pemahaman bagaimana menjalin hubungan yang baik dengan media sebagai bentuk simbiosis menjaga kualitas demokrasi.

Pranata Humas juga perlu menyampaikan pesan-pesan positif dan prestasi kerja pemerintah dengan cara efektif melalui media sosial, media massa, maupun melalui interaksi langsung dengan publik seputar tugas keseharian Pemerintah bersinggungan dengan membangun dan mengelola reputasi tidak hanya instansi pemerintah tapi juga memperkuat citra bangsa secara konsisten sehingga terbangun kepercayaan dan meningkatkan partisipasi publik dalam pembangunan bangsa.

Terakhir Usman Kansong juga mengajak seluruh peserta untuk menggaungkan G20 Indonesia terutama bagi Humas di pemerintah daerah dan mengajak seluruh peserta untuk berpartisipasi dengan sumber daya yang dimiliki.

‘Mari sama-sama kita gaungkan presidensi G20 Indonesia terutama buat kawan-kawanku Humas di pemerintah daerah kalau di kementerian dan lembaga mohon maaf saya sampaikan komunikasi publik nya sudah cukup baik, datanglah ke Jakarta ya pasti tidak ada sudut tanpa informasi tentang presidensi G20’, imbau Usman Kansong.

Dalam acara Bimbingan Teknis Pembinaan Jabatan Fungsional Pranata Humas: Tips dan Trik Naik Jabatan Pranata Humas hadir tiga orang narasumber yaitu Direktur Tata Kelola Kemitraan Komunikasi Publik, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Hasyim Gautama, Asriani Sri Wahyuni selaku Sub Koord. Pengembangan Kompetensi dan Karir Jabatan Fungsional Bidang Komunikasi Publik Kementerian Kominfo yang menyampaikan pemaparan mengenai Jabatan Fungsional Pranata Humas dan Uji Kompetensi, dan Suzan Lesmana selaku Pranata Humas Ahli Madya Badan Riset dan Inovasi Nasional yang menyampaikan tips dan trik naik jabatan Pranata Humas. (*)

Kredit

Bagikan