ESG BRI Pendorong Utama Pertumbuhan Ekonomi

user
ivan 01 Maret 2022, 13:45 WIB
untitled

JAKARTA, KRJOGJA.com - Komitmen PT Bank Rakyat Indonesis (Persero) Tbk atau BRI dalam merealisasikan visi menjadi Champion of Financial Inclusion diterapkan dengan prinsip ESG atau Environmental, Social, Governance, khususnya di segmen UMKM. Analis emiten dari Ciptadana Sekuritas Asia Erni Marsella Siahaan mengatakan, penyaluran kredit atau pembiayaan segmen UMKM, khususnya mikro akan tetap menjadi pendorong utama pertumbuhan tahun ini.

“Akan terus meningkat mengikuti pemulihan ekonomi. Pembiayaan di sektor ini juga diperkirakan akan tumbuh positif pada tahun ini. BRI menargetkan pertumbuhan pinjaman konsolidasi 9%-11% secara tahunan untuk 2022,” ujarnya dalam hasil riset yang dipublikasikan belum lama ini.

Oleh karena itu, penerapan prinsip ESG dapat diperkuat dalam pembiayaan di segmen UMKM. Hal ini dinilai akan memperkuat ketertarikan investor untuk mengoleksi saham BBRI. Terlebih, penerapan prinsip ESG pada bisnis inti perseroan juga menjadi pendorong pertumbuhan kinerja.

Erni melihat, BRI juga memasuki model bisnis baru dengan menyasar pasar yang lebih kecil dengan tenor yang lebih pendek, yaitu melalui pemberdayaan segmen ultra mikro (UMi). Seperti diketahui, pada September 2021 perseroan bersama PT Pegadaian dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) telah membentuk Holding UMi guna menyasar segmen ultra mikro sebagai sumber pertumbuhan baru.

Melalui penerapan prinsip ESG, BRI akan semakin kuat dalam mengadopsi segmen ini. “Pegadaian dan PNM juga diperkirakan masing-masing tumbuh 10% dan 17%-20% secara tahunan pada 2022,” tambahnya dalam riset tersebut. (*)

Kredit

Bagikan