Kevin/Marcus Tergabung di Grup A Olimpiade Tokyo

user
agus 10 Juli 2021, 19:44 WIB
untitled

JAKARTA, KRjogja.com - Aroma perhelatan olimpiade Tokyo 2020 terasa mulai memanas, terutama untuk cabor bulutangkis. Padahal pertandingan bulutangkis itu sendiri belum digelar. Hal tersebut dikarenakan badan bulutangkis dunia (BWF) sudah menerbitkan semua undian pertandingan di lima kelompok yang dipertandingkan.

Di kelompok ganda putra misalnya, Indonesia yang diwakili pasangan ganda putra nomor satu dunia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (The Minions) dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (The Dadies) sudah mulai bisa menganalisa para pesaing mereka. Selain untuk ganda putra Indonesia juga menempatkan wakilnya di kelompok tunggal putra (Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie). Di tunggal putri (Gregoria Mariska Tunjung). Di ganda putri (Greysia Polii/Apriyani Rahayu) dan di ganda campuran diwakili pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

Hasil undian menempatkan Kevin/Marcus di Grup A bersama dengan pasangan dari China Taipei Lee Yang /Wang Chi Lin, Ben Lane/Sean Vendy asal Inggris dan Chirag Shetty/Satwiksairaj Rankireddy dari India. Sementara Ahsan/Hendra satu grup dengan ganda Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik lalu Choi Solgyu/Seo Seung Jae dari Korea dan Jason Anthony Ho Shue/Nyl Yakura asal Kanada.

Lawan yang akan ditemui Kevin/Marcus di Tokyo, Jepang merupakan pasangan yang biasa dihadapi pada turnamen-turnamen yang diselenggarakan BWF. Dengan Lee Yang/Wang Chi Lin, pasangan Indonesia yang mendapat julukan ‘The Minions’ sudah tiga kali bertemu dan bisa memenangkan seluruh pertandingan. Terakhir bertemu Kevin/Marcus menang di babak semifinal kejuaraan akbar All England 2020. Tetapi Kevin/Marcus tetap harus waspada. Pasalnya pada tiga kejuaraan yang dilaksanakan awal tahun 2021 dan berlangsung di Thailand, ganda China Taipei ini berhasil membuat hatrick dengan merebut semua gelar juara. Rekor kemenangan telak juga dipegang oleh Kevin/Marcus dari ganda India Chirag Shetty/Satwiksairaj Rankireddy. Delapan kali bertemu, Kevin/Marcus menang tanpa cela. Hanya dengan ganda Inggris saja Kevin/Marcus belum pernah bertemu.

Begitu pula dengan Ahsan/Hendra. Pasangan dengan julukan ‘The Dadies’ ini menang 6 - 1 dari ganda Malaysia. Menurut catatan yang ada pada BWF, Ahsan/Hendra belum pernah bertemu dengan pasangan dari Kanada.

Hanya yang perlu menjadi perhatian ekstra bagi Ahsan/Hendra adalah pasangan Korea. Empat kali bertemu, Ahsan/Hendra baru sekali menang di pertemuan terakhir pada kejuaraan BWF World Tour Finals 2020 yang berlangsung di Thailand. Dengan ganda Kanada, Ahsan/Hendra belum pernah bertemu.

Seperti dilansir laman Djarumbadminton.com, para juara dan runner up dari masing-masing grup berhak melenggang ke babak perempat final. Pengundian ulang akan dilakukan untuk menentukan lawan di babak delapan besar.

Hasil Drawing (Pengundian) Ganda putra terbagi 4 Grup. Grup A: Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Lee Yang/Wang Chi Lin, Ben Lane/Sean Venry dan Chirag Shetty/Satwiksairaj Rankireddy.

Grup B:

Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen, Vladimir Ivanov/Ivan Sozonov, Gowin Olafua/Anaouluwapo Juwon Opeyori.

Grup C: Li Junhui/Liu Yuchen, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda, Mark Lamsfuss/Marvin Seidel dan Philip Chew/Ryan Chew.

Grup D: Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, Choi Sol Gyu/Seo Seung Jae dan Jason Anthony Ho Shue/Nyl Yakura. (Rar)

Kredit

Bagikan