Hujan Iringi Prosesi Penggantian Kiswah Ka'bah di Masjidil Haram

user
danar 30 Juli 2020, 13:10 WIB
untitled

ARAB SAUDI, KRJOGJA.com - Penggantian kain penutup Ka’bah atau sering disebut kiswah berwarna hitam bersulam emas, rutin dilakukan pada musim haji. Demikian juga pada musim haji 2020.

Penggantian kiswah Ka'bah dilakukan pada Rabu (29/7/2020) malam selepas Isya atau setelah memasuki tanggal 9 Zulhijah menurut kalender Islam.

Hujan deras sempat mengiringi prosesi penggantian kiswah yang dilakukan oleh petugas Presidensi Umum Urusan Dua Masjid Suci yang dikepalai Syeikh As-Sudais.

Hujan itu juga melanda tempat suci Mina dan Arafah.

Mengutip Arab News, kiswah itu sebelumnya diangkut dari Kompleks Raja Abdul Aziz ke Masjidil Haram dengan truk yang dirancang khusus untuk mengangkut kiswah. Kiswah dilapisi dengan bahan khusus untuk melindunginya dari kerusakan dan agar tidak robek.

Semua prosesi pengangkutan dan penggantian kiswah dilakukan dengan menerapkan prosedur kesehatan untuk mencegah penularan virus corona.

Prosesi penggantian kiswah memang biasa dilakukan pada permulaan tanggal 9 Zulhijah, saat jemaah haji/umrah berada di Arafah untuk menyongsong puncak haji, yaitu wukuf. Sehingga proses penggantian kiswah bisa berjalan mudah.

Namun, pada haji 2020, jemaah haji hanya kurang lebih 1.000 orang saja. Dan Masjidil Haram masih tertutup untuk umum seiring dengan pandemi corona. Hanya petugas dan orang dengan izin haji saja yang bisa masuk.(*)

Credits

Bagikan