Jemaah dari 160 Negara Laksanakan Ibadah Haji 2020

user
danar 27 Juli 2020, 20:20 WIB
untitled

ARAB SAUDI, KRJOGJA.com - Pelaksanaan ibadah haji 2020 akan diikuti sedikit jemaah seiring dengan masih mewabahnya Covid-19. Jemaah yang beruntung menunaikan haji berasal dari Arab Saudi dan dari ratusan negara asing yang menetap di Arab Saudi atau ekspatriat.

Dalam akun terkait Dua Masjid Suci (Hamarain) tercatat bahwa jemaah haji 2020 tak perlu mengeluarkan biaya karena sepenuhnya ditanggung oleh Kepresidenan Dua Masjid Suci pimpinan Syeikh Al-Sudais.

Mengutip Saudi Gazette edisi Senin (27/7/2020), Wakil Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Dr Abdul Fattah Mashat menyatakan, jemaah dari 160 negara akan menunaikan haji tahun ini.

Jemaah dari negara asing sebelumnya mendaftar lewat portal elektronik dengan melampirkan syarat-syarat. Jumlah yang mendaftar mencapai jutaan orang, tapi yang terpilih hanya sedikit mengingat kuotanya juga terbatas.

Dalam pemilihan jemaah tersebut ditegaskan tidak ada pilih kasih. “Hanya mereka yang memenuhi standar kesehatan yang diperlukan yang dipilih,” tegas Fattah Mashat.

Syarat bagi WN asing itu antara lain belum pernah menunaikan ibadah haji, bersedia dikarantina sebelum dan sesudah haji, usia maksimal 50 tahun, dan tidak memiliki penyakit kronis seperti diabetes dan darah tinggi.

Mashat juga menekankan bahwa koordinasi penuh telah dijalin Kemenkes dan Kemendagri Saudi dalam mengimplementasikan protokol kesehatan dan keamanan.(*)

Kredit

Bagikan