Kemenristek/BRIN Serahkan Pendanan Prioitas Riset Nasional Rp242,8 M

user
tomi 17 Juli 2020, 19:30 WIB
untitled

JAKARTA, KRJOGJA.com - Kemenristek/BRIN Serah Terima Perdana Pendanaan Prioritas Riset Nasional (PRN) 2020,untuk 305 judul penelitian besarnya Rp 242.871.043.696. Dana diberikan bagi Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK), Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Industri/BUMN, Lembaga Litbang Pemerintah, Perguruan Tinggi Swasta (PTS), dan Ormas.

Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro, dalam  acara Serah Terima Perdana Pendanaan Prioritas Riset Nasional 2020,s secara virtual di Jakarta  Jumat (17/7)nmenjelaskan PRN Periode 2020-2024 ini menggunakan pendekatan triple helix.

"Ini menjadi kunci keberhasilan riset dan inovasi. Jadi, kami berharap semua bisa mencapai target di 2024," kata Bambang. Mudah-mudahan (dana) yang diterima kemudian bisa menjadi motivasi bagi para peneliti rekayasa dan dosen agar mereka bisa menghasilkan output yang terbaik dan selalu berpikir bagaimana manfaat dari apa yang dikerjakan terhadap pembangunan ekonomi nasional,” kata Bambang.

Penerima dana PRN berasal dari berbagai macam institusi yakni perguruan tinggi (PTN dan PTS), lembaga penelitian di bawah Kemenristek/BRIN dan lembaga penelitian di bawah kementerian lain, industri, BUMN, serta organisasi masyarakat.

Direktur Utama LPDP Rionald Silaban menuturkan penyaluran perdana ini diberikan kepada proposal yang telah melalui proses verifikasi dan validasi.

“Jadi dari 305 proposal mungkin yang perlu diperhatikan adalah masing-masing penelitian pasti memiliki tingkat kemajuan yang berbeda. Itu nanti yang akan diteliti oleh Kemenristek/BRIN kemudian disampaikan kepada LPDP dan kemudian kita verifikasi lagi dokumennya,” tuturnya.

Rio pun berpesan bagi para periset yang belum mengajukan permohonan dana tahap pertama agar segera mengajukannya melalui Kemenristek/BRIN agar kegiatan riset dapat segera dilaksanakan.

Menurut Prakoso, Sekretaris Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristek yang juga Ketua Pelaksana Tim Manajemen PRN, dalam PRN 2020 terdapat 9 fokus riset:

Pangan EnergiKesehatan obatTransportasiProduk rekayasa keteknikanHankamKemaritimanSoshum, seni budaya, pendidikanLainnya (multi disiplin, bencana, stunting, iklim)

"Untuk data per 16 Juli 2020, dana yang sudah cair besarnya Rp 14,3 miliar bagi 13 lembaga," ujar Prakoso.(ati)

Kredit

Bagikan