Proses Hukum WN China Tersangka Kasus Penyiksaan ABK WNI Dipantau Dunia

user
danar 14 Juli 2020, 22:20 WIB
untitled

JAKARTA, KRJOGJA.com - Kasus eksploitasi ABK WNI di kapal ikan China mulai terungkap dan disorot oleh seluruh dunia. Belum selesai kasus pelarungan jenazah ke laut, kini muncul lagi kasus penyiksaan WNI hingga meninggal.

Kasus terjadi di kapal Lu Huang Yuang Yu 118. Seorang WNI meninggal dunia akibat penyiksaan dan jenazahnya ditemukan di freezer kapal.

Media Hong Kong, South China Morning Post, yang dikutip Selasa (14/7/2020) menyorot peristiwa penyiksaan ini. Tindakan pelaku bernama Song Chuanyun terhadap korban Hasan Apriadi jadi fokus.

Song merupakan tersangka utama yang kerap menyiksa ABK, termasuk seorang WNI yang meninggal dunia dan jenazahnya dimasukan ke dalam freezer.

Hasan yang berusia 20 tahun ternyata sedang sakit, namun dipaksa terus bekerja. Setelah dianiaya, ia tak diberi makan selama tiga hari sampai akhirnya meninggal dunia.

Media Singapura, Channel News Asia, turut membahas nasib korban meninggal dan proses kasus ini.

Kru kapal Lu Huang Yuang Yu 118 berasal dari China, Filipina, dan Indonesia, Polisi memeriksa semua kru terkait kasus kematian ABK.

Direktur Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Kepulauan Riau Kombes Arie Dharmanto menjelaskan kepada AFP bahwa proses hukum akan berlangsung di Indonesia.(*)

Credits

Bagikan