Muhadjir Minta Tempat Karantina Ditambah

user
ivan 30 April 2020, 19:18 WIB
untitled

JAKARTA, KRJOGJA.com - Menko PMK Muhadjir Effendy menyebut perlunya menambah tempat karantina bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang pulang di masa pandemi virus corona (Covid-19).

Muhadjir juga berharap ada penambahan tempat penampungan atau tempat karantina bagi para WNI ini di setiap titik kedatangan, selain yang sudah ada saat ini di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau. Hal tersebut guna memastikan kesehatan para WNI sebelum dipulangkan ke daerah asal masing-masing.

"Hal ini harus betul-betul kita perhatikan. Kapal TNI kita siap mengantar mereka ke pelabuhan masing-masing tujuan, namun setelah itu Pemda setempat dimohon untuk tanggung jawab mengawal mereka hingga ke kampung halaman," kata Muhadjir.

Apalagi, jelang lebaran tahun 2020 ini jumlah Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang kembali dari luar negeri diprediksi akan cukup tinggi. Pasalnya, di sejumlah negara yang menjadi tempat TKI mencari nafkah itu pun beberapa ada yang menerapkan karantina terkait pandemi virus corona, salah satunya Malaysia.

"Kita akan perkuat koordinasi, bahkan hingga ke Pemerintah Daerah sehingga siap mengantisipasi kedatangan WNI yang kita prediksi jumlahnya masih akan banyak," kata Muhadjir

Ia memastikan pemerintah akan terus memantau pergerakan WNI di luar negeri, khususnya TKI dan ABK. (*)

Kredit

Bagikan

BERITA TERKAIT