Malaysia Kembali Perpanjang Lockdown Selama Dua Minggu

user
ivan 24 April 2020, 18:29 WIB
untitled

MALAYSIA, KRJOGJA.com - Perdana Menteri Muhyiddin Yasin mengumumkan Malaysia kembali memperpanjang penutupan wilayah atau lockdown hingga 12 Mei. Selama periode tersebut, semua orang diharuskan untuk tetap berada di rumah untuk menekan penularan virus corona.

Muhyiddin mengatakan kendati penyebaran virus corona mulai melemah, namun pemerintah belum bisa mengatakan jika kondisi saat ini sudah bisa dikendalikan.

Ia mengatakan bahwa lockdown dapat diperpanjang, atau negara akan melakukan pembukaan bertahap, tergantung pada data Covid-19 dari Kementerian Kesehatan.

"Jika jumlah kasus Covid-19 menunjukkan penurunan signifikan, pemerintah bisa mengurangi pembatasan pergerakan secara bertahap di beberapa sektor termasuk sektor sosial," ujar Muhyiddin.

Sejauh ini ia mengatakan tengah mempelajari metode sebelum roda perekonomian kembali dibuka. "Dengan kemungkinan memperpanjang periode lockdown, pemerintah sedang mempelajari rencana pemulihan ekonomi jangka pendek dan menengah untuk memastikan kegiatan ekonomi bisa dihidupkan kembali dengan cepat di akhir lockdown," ujarnya.

Perpanjangan kali ini merupakan yang ketiga kali dilakukan oleh pemerintah Malaysia sejak memutuskan lockdown pada 18 Maret lalu. (*)

Kredit

Bagikan