Stok Masker di Indonesia Ada 50 Juta

user
ivan 03 Maret 2020, 21:46 WIB
untitled

JAKARTA, KRJOGJA.com - Presiden Joko Widodo menyatakan ada 50 juta stok masker di Indonesia pasca-kasus 2 WNI positif Virus Corona. Sejumlah pemerintah daerah meminta warganya tak panik memborong masker. Pasalnya, alat kesehatan ini dianjurkan hanya untuk yang sakit.

Hal ini menyusul informasi kelangkaan masker pasca-dua warga Depok, Jawa Barat, dinyatakan positif Virus Corona atau Covid-19. Apotek dan toserba di berbagai daerah pun kehabisan stok. Jikapun ada, harga sekotak masker bisa mencapai Rp1 juta hingga belasan juta rupiah di toko daring atau online shop.

"Nanti Pak Menteri biar cek. Tapi dari informasi yang saya terima, stok yang di dalam negeri kurang lebih 50 juta masker ada," ujar Jokowi.

Ia tak menampik terdapat sejumlah jenis masker tertentu yang langka di pasaran. "Memang pada masker-masker tertentu itu yang barangnya langka," katanya, tanpa merinci jenis maskernya.

Jokowi juga mengingatkan agar masyarakat tak gegabah dengan memborong seluruh kebutuhan pokok hingga masker dan hand sanitizer. Menurutnya, sikap panic buying di sejumlah tempat perbelanjaan ini justru akan membuat stok habis.

"Masyarakat tidak perlu memborong kebutuhan sehari-hari yang justru bikin langka karena pembelian besar-besaran, tindakan memborong, dan menimbun itu sendiri," ucap Jokowi. (*)

Kredit

Bagikan