Amerika Minta Palestina Lucuti Senjata Hamas

user
ivan 20 Oktober 2017, 16:36 WIB
untitled

AMERIKA, KRJOGJA.com - Amerika Serikat mengeluarkan pendapat pasca kesepakatan rekonsiliasi Hamas dan Fatah terjadi pada pekan lalu. Washington mengatakan pemerintah kesatuan Palestina mesti mengakui Israel dan melucuti senjata milik Hamas.

Utusan khusus Presiden Donald Trump untuk negosiasi internasional, Jason Greenblatt yang kerap mengunjungi kawasan konflik tersebut untuk mencari cara memulai perundingan damai, menyampaikan sejumlah kondisi yang mesti dilakukan di kawasan itu.

“Setiap Pemerintah Palestina harus secara tegas dan terbuka berkomitmen atas tindakan non-kekerasan, mengakui negara Israel, menerima kesepatan sebelumnya dan obligasi antar Partai -termasuk melucuti teroris (Hamas) dan berkomitmen melakukan perundingan damai,” kata Greenblatt.

Pernyataan Greenblatt tersebut ditanggapi senada oleh Pemerintah Israel pada pekan ini. Israel berjanji tidak akan bernegosiasi dengan pemerintah kesatuan Palestina yang menyertakan Hamas, kecuali kelompok Islam itu menyetujui daftar tuntutan yang diajukan.

Daftar tuntutan itu bukan hanya berisi Hamas mesti mengakui Israel dan meninggalkan segala bentuk kekerasan, namun juga mengembalikan sisa jenazah dua tentara Israel yang terbunuh di Gaza, dan serangkaian persyaratan lainnya. (*)

Kredit

Bagikan