Ini Pesan Menteri LHK Bagi Siswa Taruna Nusantara

user
tomi 21 Desember 2017, 12:42 WIB
untitled

JAKARTA, KRJOGJA.com - Guna mendukung pembentukan kepribadian generasi muda yang positif dan inovatif, Menteri LHK Siti Nurbaya, senantiasa berbagi ilmu dan semangatnya kepada para generasi muda.

Hal ini dilakukannya saat berkesempatan bertemu dengan para pelajar dan mahasiswa tanah air. Sebagaimana sebelumnya dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia di Bonn, Jerman (17/11/2017),  kali ini Siti Nurbaya berbagi pengalaman dengan para siswa dari Taruna Nusantara, di Jakarta (20/12/2017).

Adalah Andira Mega L, Andi Adhyaksa dan Muhammad Daffa Nur, yaitu tiga siswa yang sangat antusias ingin mengetahui kisah hidup Siti Nurbaya, hingga dipercaya sebagai Menteri kabinet kerja Jokowi-JK periode 2014-2019.

"Motto hidup yang terpenting itu adalah kejujuran. Pintar itu penting, tapi mengedepankan kejujuran jauh lebih penting,'' tegas Siti Nurbaya, berbagi kunci keberhasilannya.

Diceritakan mantan Sekretaris Jenderal Departemen dalam Negeri ini, bahwa didikan sang Ibu telah membentuknya menjadi pribadi dengan mental pekerja keras, tanggungjawab dan penuh disiplin.

Siti Nurbaya menuturkan, bahwa saat masih kecil, beliau pernah menumpahkan sebuah tinta, namun beliau tak berani memberitahunya pada sang Ibu.''Saya bertanggungjawab dengan mengumpulkan uang jajan untuk mengganti tinta itu,'' kisah Siti Nurbaya.

Selain itu, Siti Nurbaya juga pernah merasa sangat terpukul saat Ibunya meninggal dunia, sesaat menjelang beliau masuk ke Perguruan Tinggi. Namun berkat semangat yang dimilikinya sejak kecil, beliau berhasil menamatkan pendidikan, dan meneruskan pendidikan di International Institute for Aerospace Survey and Earth Science (ITC), Enschede, Belanda, serta S3 IPB dengan Siegen University, Jerman.

Dalam dunia birokrasi, kiprah Siti Nurbaya dimulai dari jenjang karir paling bawah, hingga menduduki beberapa posisi setrategis. Sebagai Pegawai Negeri Sipil, ia terakhir menjabat sebagai Sekjen DPD RI. (*)

Kredit

Bagikan