Regulasi Cukai Rokok Elektrik Harus Jelas

user
ivan 10 November 2017, 08:09 WIB
untitled

JAKARTA, KRJOGJA.com -Pengamat Ekonomi Universitas Indonesia (UI) Faisal Basri menyambut positif atas rencana pengenaan cukai untuk rokok elektrik. Menurutnya, hal tersebut bertujuan untuk mengurangi konsumsi rokok elektrik yang setiap harinya semakin meningkat.

"Intinya setiap yang buruk buat kesehatan silakan kenaikan cukai. Karena cukai itu untuk mengurangi konsumsi. Karena barangnya jelek merusak kesehatan seperti alkohol, rokok dan rokok elektrik," ujarnya.

Namun, dia meminta pemerintah menentukan mengenai mekanisme penentuan tarif cukai tersebut. Pasalnya, rokok elektrik sangat berbeda dengan rokok tembakau yang bisa diitung setiap batangnya. "Kan dia (rokok elektrik) enggak batangan," jelasnya.

Namun dirinya mengusulkan agar cukai tersebut bisa dikenakan kepada seluruh peralatan yang menyangkut dengan rokok elektrik. Dari mulai cairan liquid hingga alat rokok elektriknya. "Harusnya bea masuk atas peralatannya rokok elektrik juga kena cukai kalau ingin benar-benar mengurangi," jelasnya. (*)

Kredit

Bagikan