Koalisi Megawati - SBY Belum akan Terwujud dalam Waktu Dekat

user
ivan 19 Agustus 2017, 14:56 WIB
untitled

JAKARTA, KRJOGJA.com - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menilai potensi koalisi antara Partai Demokrat dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan bakal ditentukan jika kedua pimpinan partai yaitu Susilo Bambang Yudhoyono dan Megawati Soekarnoputri kembali bertemu.

"Bisa jadi (merapat ke pemerintah kemudian dapat jatah menteri) dan itu tergantung pertemuan antara Ibu Mega dan Pak SBY selanjutnya," kata Fahri.

Menurut Fahri, pertemuan keduanya juga berkaitan dengan uji materi UU Penyelenggaraan Pemilu, khususnya terkait angka ambang batas pencalonan presiden (presidential threshold). Berangkat dari isu tersebut, Fahri mengatakan, perlu ada komunikasi dan koordinasi sejak awal dari para pimpinan partai politik jika nantinya MK memutuskan angka ambang batas pencalonan presiden sebesar 20 persen menjelang Pemilu 2019.

Fahri menduga MK kemungkinan akan memutuskan angka ambang batas presiden 20 persen karena merupakan open legal policy. Sebab, kata Fahri, dengan keputusan itu maka tidak ada satu partai pun yang bisa mencalonkan presiden sendiri karena tidak ada yang memenuhi ambang batas pencalonan presiden sebesar 20 persen. (*)

Kredit

Bagikan