Jokowi Minta Jurusan SMK Diubah Sesuai Persaingan Global

user
ivan 05 Agustus 2017, 22:54 WIB
untitled

BANDUNG, KRJOGJA.com - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyampaikan bahwa kemunculan generasi Y selama kurun 5-10 tahun ke depan akan mempengaruhi pasar baik politik maupun ekonomi di Indonesia. Generasi Y ini, kata Jokowi, akan memberikan dampak perubahan global ke depannya. Oleh sebab itu, dirinya mengajak semua kalangan untuk bersiap dalam menghadapi transisi-transisi tersebut.

Persiapan itu, kata Presiden, telah dimulai dari pembangunan infrastruktur. "Setelah pembangunan infrastruktur sudah dimulai dikerjakan, maka tahapan berikutnya yang harus dimulai adalah pembangunan sumber daya manusia," lanjut dia.

Pembangunan sumber daya manusia yang harus mengalami perubahan itu salah satunya dimulai dari bidang pendidikan. Contohnya, lanjut dia, adalah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang sudah puluhan tahun hanya membuka jurusan bangunan, listrik, dan mesin. Padahal, dunia sudah berubah.

"Mestinya jurusan-jurusan ini juga harus diganti dengan perubahan-perubahan yang ada. Bisa saja jurusan animasi, jurusan video, jurusan retail, jurusan mekatronika," katanya. (*)

Kredit

Bagikan