Meski Tunanetra, Veteran Perang Umur Seabad Ini Tunggangi Pesawat Glider

user
agus 05 Agustus 2017, 13:10 WIB
untitled

EDINBURG (KRjogja.com) - Helen Gray yang kini berusia 101 tahun merupakan seorang perempuan veteran Perang Dunia (PD) II. Semasa perang, Gray diketahui menjabat sebagai Kopral Pasukan Angkatan Udara Auxiliary dari Skotlandia.

Akibat perang, Gray kini menderita kebutaan. Namun meski demikian, kekurangan yang ia miliki dan usianya yang telah senja tidak membuat semangat serta keberanian Gray hilang.

Sebuah badan amal, Scottish Gliding Center memberikan bantuan kepada para veteran dan mengajak mereka untuk kembali menemukan kepercayaan diri. Badan amal tersebut diketahui mengajak Gray untuk bernostalgia ketika ia masih menjadi prajurit dengan mengajaknya terbang menggunakan pesawat glider.

Pesawat glider sendiri merupakan pesawat tanpa mesin dengan didampingi kelompok penerbang, Walking on Air. Dengan berani, Gray yang sudah berusia satu abad menyetujui ajakan tersebut dan kembali terbang setelah sekian lama.

Melansir STV, Sabtu (5/8/2017), setelah mendarat, Gray menggambarkan pengalamannya ini dengan kata 'indah' dan ia mengaku ingin mencobanya lagi. Aksi Gray ini tentu saja mengundang pujian dari banyak pihak.

"Ia adalah anggota tertua kami yang terbang dan yang paling antusias. Gray adalah perempuan yang hebat dan memang kerap mengikuti berbagai kegiatan di masa tuanya. Saya pikir seorang nenek berusia 101 tahun dapat terbang adalah sesuatu yang inspirasional," terang Ketua kelompok veteran Skotlandia, Tim Searls. (*)

Kredit

Bagikan