Amerika Tambah Pasukan di Afghanistan

user
ivan 14 Mei 2017, 08:56 WIB
untitled

AMERIKA, KRJOGJA.com - Kondisi keamanan di Afghanistan yang terus memburuk, jadi alasan bagi pemerintahan Presiden Donald Trump mengirimkan lebih banyak serdadu Amerika Serikat. Hal tersebut dikonfirmasi pejabat intelijen AS.

"Komunitas intelijen menilai bahwa situasi politik dan keamanan di Afghanistan hampir dapat dipastikan memburuk sampai tahun 2018, bahkan dengan adanya peningkatan bantuan militer oleh Amerika Serikat dan negara sekutu lain,” kata Direktur Intelijen Nasional Dan Coats di pertemuan Senat.

Menurut data intelijen, dikutip Reuters, banyak serdadu Afghanistan ditarik bahkan dipaksa meninggalkan pos penjagaan mereka di kawasan-kawasan terpencil. Itu menyebabkan pemerintah hanya bisa mengendalikan sekitar 57 persen kawasan.

Februari lalu, Jenderal John Nicholson, komandan tentara AS di Afghanistan, menyebut dia butuh beberapa ribu tambahan pasukan internasional untuk memecah kebuntuan dengan Taliban. Permintaan itu dijawab AS pada akhir April, dimana Presiden Trump menggelar perundingan untuk mengirim sekitar 3000-5000 tentara AS dan pasukan koalisi ke Afghanistan. (*)

Kredit

Bagikan