Sembilan Menteri Masuk Bidikan Penyelidik Korupsi

user
ivan 13 April 2017, 12:22 WIB
untitled

BRASIL, KRJOGJA.com - Skandal korupsi besar menerpa pemerintahan Presiden Brasil Michel Temer setelah setidaknya sembilan menteri dari sekitar 108 politikus akan diperiksa mengenai dugaan keterlibatan mereka dalam kasus penggelapan dan konspirasi suap skala besar. Ratusan politikus tersebut diduga terlibat penggelapan dan suap perusahaan minyak negara Petrobras dan menyalurkan uang haram itu untuk mendanai partai politik besar dalam pemilu.

Penyelidikan korupsi yang dikenal dengan "Car Wash" ini kembali mencuat usai Mahkamah Agung mengesahkan penyelidikan pada 108 politikus termasuk para menteri, senator senior, lima mantan presiden, dan wali kota.

Dokumen MA menunjukan sembilan menteri yang terlibat termasuk kepala staf presiden, Eliseu Padilha, Menteri Luar Negeri Aloysio Nunes, dan Menteri Pertanuan Blairo Maggi. Sejumlah menteri lain dikabarkan telah mengundurkan diri usai kedapatan terlibat dalam skandal Car Wash ini.

Selain itu, 29 senator senior dan 40 anggota mejelis rendah Kongres juga terseret dalam penyelidikan yang telah berjalan tiga tahun ini. Lima mantan presiden yakni Fernando Henrique Cardoso, Luiz InĂ¡cio Lula da Silva, Dilma Rousseff, Fernando Collor de Mello, dan Jose Sarney pun ikut tercantum namanya dalam penyelidikan ini.

Mantan Wali Kota Rio de Janeiro Eduardo Paes, dituding menerima suap 15 juta reasis atau setara dengan US$4,8 juta dalam skandal ini. Tuduhan korupsi yang dilayangkan jaksa penuntut Rodrigo Janot tersbeut didasari sejumlah kesaksian yang diberikan setidaknya 77 mantan eksekutif perusahaan konstruksi besar Odebrecht. (*)

Kredit

Bagikan