Eks Transmigran Lembah Palu Jadi Model Pertanian Terintegrasi

user
tomi 19 Februari 2017, 18:25 WIB
untitled

SIGI (KRjogja.com) - Desa Olobuju di Kecamatan Sigi Niromaru, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah adalah kawasan eks transmigrasi yang tergolong sukses. Kawasan ini akan dijadikan model kawasan pertanian terintegrasi yang memadukan tanaman holtikultura dan peternakan sapi.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo mengatakan, program kawasan pertanian terintegrasi akan membantu masyarakat desa mendapatkan kebutuhan secara mandiri. Gas yang diolah dari kotoran sapi misalnya, dapat dimanfaatkan untuk penerangan desa.

"Air seni sapi juga bisa untuk herbisida, itu harganya mahal. Kotorannya juga yang setelah diambil gasnya bagus untuk pupuk. Nah nanti untuk desa ini, Kemendes PDTT akan biayai. Jadi ini akan dijadikan model," ujarnya saat berdialog dengan Kepala Desa se-Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tenggara, di Desa Oloboju, Sabtu (18/02/2017).

Menurutnya, kawasan di Desa Olobuju memiliki potensi besar untuk dijadikan kawasan pertanian terintegrasi. Selain hamparan lahan pertanian yang masih luas, jumlah sapi ternak milik warga pun cukup banyak. Ia berharap, keberhasilan kawasan pertanian terintegrasi tersebut nantinya dapat dijadikan contoh untuk pengembangan di kawasan perdesaan lainnya.

Di sisi lain, Bupati Sigi, Moh Irwan mengatakan, 74 persen kawasan di Kabupaten Sigi terdiri dari hutan. Sedangkan 24 persen selebihnya merupakan kawasan budidaya pertanian, peternakan, usaha kecil menengah, dan lain-lain. Inilah yang akan didesain untuk menutupi ruang-ruang yang akan dikelola.

Kredit

Bagikan