Tenda Bantuan Pembaca 'KR' untuk Mengaji

user
danar 25 September 2018, 21:10 WIB
untitled

TENDA pleton bantuan pembaca 'KR' dinilai sangat bermanfaat untuk masyarakat Dusun Orong Desa Batulayar Kecamatan Batulayar Lombok Barat.  Sebab dua tenda yang masing-masing berukuran 4 X 6 meter persegi ini dijadikan mushala  tempat mengaji serta kegiatan Tahfidzul Quran (menghafal Alquran)  dan pendidikan keagamaan yang dikelola Ummi Foundation.

"Dua tenda ini akan kami dirikan berjajar sehingga jadi luas, " kata Adi Bustamin Arifin kepada 'KR' saat menyerahkan bantuan pembaca dari Dompet 'KR' Peduli Korban Gempa Lombok, Selasa (25/9/2018).

Selain dua unit tenda,  bantuan juga berupa alat-alat membersihkan puing-puing bangunan akibat gempa yang terdiri Artco, sekop,  linggis, godam, dan palu, ditambah terpal.

Pasca gempa, kata Adi Bustamin,  kegiatan keagamaan yang dikelola anaknya, yaitu Ustadz Herwan Panzir,  tidak mempunyai tempat yang representatif. Hanya berupa musola darurat dengan atap terpal dan saat ini sudah mulai sobek-sobek.

Sedang Ustadz Herwan Panzir menjelaskan,  kegiatan Tahfidzul Quran yang dikelolanya dilaksanakan setiap usai Maghrib.  Saat ini memiliki 70 santri.  Di antara mereka sudah hafal Alquran 30 juz. Setiap Ramadan, para Hafidz ini diterjunkan ke masjid-masjid sekitar untuk menjadi imam Salat Tarawih.  Sedang setiap malam saat tarawih,  bacaan ayat Alquran yang dibaca sebanyak satu juz,  sehingga dalam sebulan khayam Alquran.

Sedang untuk kegiatan Ummi Foundation dilaksanakan setiap usai Asar.  Kegiatan pendidikan keagamaan ini untuk anak mulai pra TK sampai kuliah.  Mereka juga datang dari kampung-kampung sekitar.  "Honor ustadz dan ustadzahnya dari keluarga kami sendiri.  Sebab para santri tidak dipungut biaya, " jelas Adi Bustamin dan Ustadz Herwan Panzir.

Selain itu juga ada pengajian umum setiap Sabtu dengan jemaah dari anak-anak sampai orangtua.  Sedang setiap Kamis siang pengajian untuk ibu-ibu. "Jadi bantuan tenda ini sangat bermanfaat untuk mendukung kegiatan kami, " tambahnya. (Fie)

Kredit

Bagikan