Harga Beras Terkendali Sebabkan Angka Kemiskinan Turun?

user
danar 20 Juli 2018, 09:31 WIB
untitled

JAKARTA, KRJOGJA.com - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bambang Brodjonegoro menyebutkan salah satu faktor yang berkontribusi ke penurunan angka kemiskinan adalah pengendalian harga beras.

Saat ini angka kemiskinan Indonesia menyentuh angka terendah sepanjang masa, yaitu 9,82 persen. "Betapa pentingnya kita menjaga inflasi, dan inflasi yang dijaga terutama komoditas pangan, dalam hal ini beras. Jadi memang kuncinya kalau beras bisa kita kendalikan dengan baik harganya, maka ini akan mempercepat penurunan kemiskinan," kata Bambang, beberapa waktu lalu.

Diketahui, komoditas beras masih merupakan proporsi terbesar dalam pembentukan Garis Kemiskinan Nasional (GKN), baik di perdesaan maupun perkotaan.Dengan menjaga inflasi pada komoditas makanan, terutama beras, menjadi kunci utama dalam menurunkan angka kemiskinan.

Diakui bahwa sempat ada kelangkaan beras akibat kasus hama wereng cokelat yang melanda 30 kabupaten penghasil beras di Jawa Tengah, sehingga ada kenaikan inflasi padi dan umbi di akhir 2017 hinggal awal 2018.

Namun, inflasi dapat diturunkan kembali pada Maret 2018, dan angkanya tercatat lebih rendah dari 2017.Lonjakan harga beras pada akhir 2017 hingga awal 2018 turut dapat dikendalikan dan berangsur turun mulai Februari 2018 hingga mencapai Rp 11.907 per kg pada Juni 2018, sehingga mendukung penurunan kemiskinan.(*)

Kredit

Bagikan