Popularitas Moon Jae-in Menurun

user
ivan 21 Januari 2018, 00:42 WIB
untitled

KORSEL, KRJOGJA.com - Popularitas Presiden Moon Jae-in dilaporkan menurun setelah memutuskan untuk menggabungkan tim hoki perempuan Korea Selatan dengan Korea Utara dalam ajang Olimpiade Musim Dingin. Dalam laporan riset terbaru, Gallup Korea melaporkan bahwa popularitas Moon merosot dari 73 persen pada pekan lalu menjadi 67 persen menjelang penutupan minggu ini.

Kabar ini dianggap cukup mengejutkan karena popularitas Moon tak hanya turun di mata kaum konservatif, tapi juga para pendukungnya yang kebanyakan dari kalangan muda. Hasil jajak pendapat yang dilakukan terhadap 1.005 orang ini menunjukkan, popularitas Moon di mata warga berusia 20-30 merosot dari 82 menjadi 75 persen.

Sementara itu, sebagian pendukung Moon yang masuk dalam kelompok usia 40-50 tahun juga mulai menunjukkan sikap penolakan mereka. Hasil jajak pendapat ini mulai menimbulkan riak kekhawatiran akan kepercayaan publik pada Moon, setelah mengawali masa jabatannya dengan tingkat popularitas tinggi karena menggantikan Park Geun-hye yang dimakzulkan karena terjerat kasus korupsi.

Saat dilantik, Moon sendiri menempatkan upaya perdamaian dengan Korut di posisi teratas agenda politiknya. Agenda utama ini sempat menghadapi jalan buntu karena Pyongyang tak kunjung menjawab ajakan berunding Korsel di awal masa jabatan Moon.

Pintu perundingan terbuka setelah pemimpin tertinggi Korut, Kim Jong-un, melalui pidato awal tahunnya menyiratkan keinginan negaranya untuk ikut serta dalam Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang. (*)

Kredit

Bagikan